Senin, 01 April 2013

Sejarah WEB

Sejarah Web
Web dikembangkan pertama kali oleh Sir Timothy John ¨Tim Berners-Lee, hanya saja pada saat itu web masih berjalan tanpa terhubung jaringan. Web semakin popular ketika mulai terhubungan jaringan internet, yaitu pada akhir tahun 80-an. Saat itu di laboratorium CERN yang berlokasi di kota Geneva, Swiss menyatakan bahwa web bisa diakses melalui jaringan dan dimiliki oleh siapa saja.
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awalnya tampilan web masih sangatlah sederhana, hanya menampilkan teks, lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya.
Pada saat itu pun, teknologi web dikembangkan dan berjalan pada sistem operasi Unix, masih sangat jarang yang menggunakan teknologi windows. andaipun ada, teknologi windows masih sangat sederhana.

Perkembangan Teknologi Web

Lalu dengan semakin beragamnya tampilan dan penerapan teknologi berbasis desktop mendorong perkembangan teknologi sejarah web, baik berupa teknologi tampilan (GUI – Graphical User Interface), teknologi browser, teknologi bahasa yang digunaan untuk mengembangkan web, platform web dan beragam teknologi web lainnya. Seiring waktu keberadaan web pun meledak.
Dari hanya berjumlah ribuan, hingga mencapai jumlah jutaan bahkan milyaran. Fungsinya pun berkembang, bukan hanya sebagai media bertukar informasi, tapi juga mewujud berupa aplikasi sistem informasi berbasis web.
Dalam sejarah web, web browser digunakan sebagai media untuk berselancar, dan browser yang pertama kali popular digunakan yaitu Internet Explorer. Internet Explorer digunakan sebagai aplikasi untuk mengakses web melalui komputer. Seiring perkembangan saat ini sudah tersedia beragam web browser selain Internet Explorer, seperti mozilla firefox, google chrome, safari, opera dan sebagainya. Untuk bahasa pemrograman yang pada awalnya hanya terdapat beberapa bahasa, saat ini sudah beragam.
Salah satu bentuk bagian perkembangan sejarah web, lahir definisi web pada akhir tahun 90-an, yaitu yang disebut web 2.0. Web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informatif, dengan tujuan membuat pengguna semakin dekat, salah satu cirinya ditandai dengan hadirnya wiki, blog, social network.
Bertolak dari sejarah web yang masih sangat sederhana digunakan, saat ini akses web bukan hanya dapat digunakan melalui komputer melainkan juga sudah menjangkau hingga berbasis mobile. Baik berupa laptop, netbook, smartphone hingga handphone. Dengan begitu kemudahan akses web melalui beragam media mana saja, semakin membuat web bagian dari kebutuhan hidup masyarakat secara luas.

Perkembangan Web Browser

Sebuah web browser adalah program software yang menafsirkan bahasa coding dari World Wide Web dalam bentuk grafik, menampilkan terjemahan daripada coding. Hal ini memungkinkan setiap orang untuk "menelusuri Web" oleh titik sederhana dan klik navigasi, melewati kebutuhan untuk mengetahui perintah yang digunakan dalam bahasa perangkat lunak.
World Wide Web ditulis dalam Hypertext Markup Language (HTML). Dilihat dengan perangkat lunak selain browser Web, HTML tidak terlihat seperti terjemahan grafis. Untuk mengintip, klik kanan pada setiap ruang kosong di halaman web.
Sebuah menu pop-up kecil akan muncul. Pilih View Page Source di FireFox, atau Lihat Sumber di Microsoft Internet Explorer (IE). Setelah selesai melihat coding HTML, klik jendela ditutup untuk kembali ke jendela browser Web.
Keberhasilan pertama web browser grafis, Mosaic, yang ditulis oleh Marc Andreessen dan Eric Bina pada tahun 1992 dan dirilis pada tahun 1993. Pada saat itu, hanya layanan online populer grafis yang ditawarkan oleh Prodigy, America Online (AOL), dan Compuserv.
Perusahaan-perusahaan ini adalah jaringan tertutup yang disediakan konten milik mereka sendiri, papan pesan, program email, dan antarmuka, dan tidak memberikan akses ke Internet.
Browser Web Mosaic awalnya membuka Internet untuk masyarakat umum. Ini memberikan cara menyenangkan untuk menavigasi World Wide Web dan gratis untuk penggunaan pribadi. Untuk bersaing dengan daya tarik jaringan di seluruh dunia Internet, jaringan tertutup harus memperkenalkan pipa ke Internet dan menyediakan browser Web grafis untuk menginterpretasikan HTML.
Pada saat ini terjadi pada pertengahan tahun 1990, Andreessen telah bermitra dengan Jim Clark, pendiri Silicon Graphics mantan, untuk membuat Web browser andalannya baru yang disebut Netscape.
Nah, Netscape merupakan browser tetap dan web pilihan sampai Microsoft mulai pra-kemasan browser Web mereka sendiri ke dalam sistem operasi Windows. Internet Explorer (IE) lebih rendah daripada
Netscape dalam banyak hal, terutama dikritik karena masalah keamanan yang sedang berlangsung, banyak bug didalamnya, dan kurangnya sesuai dengan protokol standar Web.
Sementara ini dimatikan banyak komunitas online, dan pengguna komputer baru yang tahu terlalu sedikit untuk menyadari atau peduli. Pada tahun 1998, Internet Explorer mendominasi pasar sebagai browser Web yang dipakai dimana-mana, karena sebagian besar untuk kemampuan Microsoft untuk pre-load ke dalam sistem komputer Windows terbaru.
Pada saat yang sama, Netscape, kemudian dikenal sebagai Netscape Communicator, merilis kode sumbernya kepada publik. Browser Web pergi melalui penulisan ulang besar-besaran selama beberapa tahun ke depan. Ini muncul sebagai browser web open source yang dikenal sebagai Mozilla, di bawah Organisasi Mozilla, kemudian dimiliki oleh AOL. Pada tahun 2003, AOL dilewatkan pengawasan ke Mozilla Foundation baru dibentuk, yang berganti nama menjadi browser Web ke Phoenix dan kemudian untuk FireFox.
Sementara browser Web Microsoft mengadakan pasar tak tertandingi dalam ukuran besar dari 1998 hingga 2003, produksi untuk lebih meningkatkan IE efektif terhenti. Di sisi lain Mozilla / Phoenix / FireFox menjadi browser Web pilihan di kalangan pengguna komputer cerdas. Diperluas fitur set, fungsi yang disempurnakan, meningkatkan kepatuhan terhadap standar, dan keamanan yang lebih tinggi membuatnya unggul dalam banyak cara untuk IE 6.0.
Beberapa orang percaya bahwa pangsa pasar yang berkembang akan menjurus pada FireFox dan ini sekaligus mempengaruhi perkembangan Windows Internet Explorer (WIE) versi 7.0, yang akan dirilis pada musim gugur 2006.  Perang web browser mulai mengemuka.
Karena, daya tarik FireFox adalah bahwa hal itu adalah sebuah proyek open source yang sesuai dengan standar internet dan protokol. Hal ini tidak hanya mengundang persaingan yang sehat, tetapi coding dapat diperiksa oleh siapa saja, yang juga menguntungkan masyarakat.
Programmer berlokasi di seluruh dunia dapat berkomunikasi secara online, forum publik untuk membahas celah, pintu belakang, bug, dan kerentanan lain di dalam Mozilla yang secaRA teratur memberikan patch perbaikan secara tepat waktu.
Microsoft Internet Explorer bebas untuk download dari Microsoft.com. Browser Mozilla FireFox Web bebas dari Mozilla.org. Lalu ada Lunascape yang menggabungkan keduanya. Dunia web makin ramai. Sejarah web browser kini berlangsung dalam perang penggunaan perangkat mobile seperti android vs iOS.

Materi Selanjutnya:
Definisi Web Science
Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
Arsitektur Web & Aplikasinya
Instruksi Pengelola Internet / Web
Aspek Hukum & Etika Dalam Internet

Sumber :
http://www.anneahira.com/sejarah-web.htm

0 komentar:

Posting Komentar