Senin, 01 April 2013

Arsitektur Web & Aplikasinya

Arsitektur Website

Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

Pattern / Pola

Suatu pola menguraikan masalah perulangan perancangan yang muncul dalam sebuah konteks perancangan spesifik dan mengusulkan solusi. Solusi menguraikan komponen-komponen yang berpartisipasi dan tanggung jawabnya, hubungan antarkomponen, dan pengaruh suatu komponen dalam masalah yang spesifik. Ini berarti bahwa pola memungkinkan kita untuk membuktikan penggunaan ulang, memperkuat pengetahuan perancangan, dan mendukung pengembangan sistem perangkat lunak yang berkualitas

Framework

Framework menyajikan pilihan untuk menggunakan kembali pengetahuan arsitektur yang ada. Framework itu sendiri adalah sistem perangkat lunak yang dapat digunakan kembali dengan fungsi umum yang telah ditetapkan. Frame dapat dikhususkan ke dalam aplikasi yang siap pakai (ready-to-use). Frame juga berfungsi sebagai sebuah cetak biru untuk arsitektur dasar dan arsitektur fungsional untuk field applikasi yang spesifik. Artinya, pengetahuan arsitektur fungsional yang terdapat di dalam framework seluruhnya dapat diadopsi di dalam applikasi

Model View Controller (MVC)

David (2007) menjelaskan bahwa “Model-View-Controller (MVC) adalah arsitektur perangkat lunak yang memisahkan model data, antarmuka pengguna, dan logika kontrol ke dalam tiga komponen yang berbeda sehingga pemodifikasian komponen view dapat dibuat dengan meminimalkan komponen data.”

Struts

Struts adalah Frame Work Open Source yang di pakai untuk membangun aplikasi berbasis Web. yang sudah terinstregasi dengan standard technologi seperti Servlet, Java Beans dan Java Server Pages. Struts memiliki banyak keuntungan bagi pengembang web aplikasi. Juga sangat cocok dalam penerapan MVC di aplikasi berbasis web.

Codeigniter

CodeIgniter merupakan Web Application framework dengan bahasa pemrograman PHP yang dikembangkan oleh EllisLab. Apa beda CMS dengan Framework? Jika CMS memungkinkan anda untuk membuat web dinamis, maka Framework pun bisa, tetapi dengan tingkatan yang lebih rumit, yaitu pemrograman. Dengan kata lain, anda dapat membuat sebuah CMS dengan framework, tetapi anda tidak dapat membuat framework dengan CMS.

Integrasi Sistem

Dalam konteks sistem informasi, sistem integrasi (integrated system) merupakan sebuah rangkaian proses untuk mengubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun secara fungsional. Sistem integrasi akan menggabungkan komponen sub-sub sistem ke dalam satu sistem dan menjamin fungsi-fungsi dari sub sistem tersebut sebagai satu kesatuan sistem.
Sistem integrasi merupakan tantangan menarik dalam software development karena pengembangannya harus terus mengacu pada konsistensi sistem, Tantangannya adalah bagaimana merancang sebuah mekanisme mengintegrasikan sistem-sistem tersebut dengan effort paling minimal – bahkan jika diperlukan, tidak harus melakukan refactoring atau re-developing lagi sistem-sistem yang sudah ada.
Ada beberapa metode yang dapat dipergunakan dalam membangun sistem terintegrasi, yaitu: Vertical Integration, Star Integration, Horizontal Integration

SOA

Arsitektur berorientasi layanan atau disebut dengan SOA adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya.  SOA juga mendefinisikan dan menentukan arsitektur TI yang dapat menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis. Fungsi-fungsi ini tidak terikat dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman yang mendasari aplikasi-aplikasi tersebut.
SOA membagi fungsi-fungsi menjadi unit-unit yang berbeda (layanan), yang dapat didistribusikan melalui suatu jaringa dan dikombinasikan serta digunakan ulang untuk membentuk aplikasi bisnis. Layanan-layanan ini saling berkomunikasi dengan mempertukarkan data antar mereka atau dengan mengkoordinasikan aktivitas antara dua atau lebih layanan.

Aplikasi Utama Arsitektur Web

  1. HTTP(Hypertext Transfer Protocol), HTML(Hyper Text Markup Language), Web Server,  dan Internet 
  2. Wikis, Blogs, Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content
  3. Semantic Web Summary
  4. Web Security 
Materi Selanjutnya:
Definisi Web Science 
Sejarah WEB 
Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
Instruksi Pengelola Internet / Web
Aspek Hukum & Etika Dalam Internet


Sumber :
http://ibaad.wordpress.com/2012/10/02/arsitektur-aplikasi-web/
http://muhammadaldirizkir.blogspot.com/2013/04/arsitektur-website-dan-aplikasinya.html

2 komentar:

  1. Jasa Pembuatan Website Terpercaya | Digital Network Freelancer
    HARGA PROMO PEMBUATAN WEBSITE
    ingin memulai bisnis anda ? bingung untuk masalah marketing atau pemasarannya? ingin membuat website untuk bisnis anda?
    Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk anda dengan harga yang bisa menyesuaikan budget
    - gratis domain dan Hosting untuk Anda selama 1 tahun
    - design website bisa menyesuaikan keinginan Anda
    - proses pengerjaan cepat.
    - gratis konsultasi masalah marketing atau pemasaran
    - gratis 3 bulan revisi design
    - layanan support sampai 24jam
    Segera kunjungi kami www.software-developer.web.id | www.software-developer.web.id
    Email: info@software-developer.web.id

    BalasHapus
  2. Jasa Pembuatan Website Terpercaya | Digital Network Freelancer
    HARGA PROMO PEMBUATAN WEBSITE
    ingin memulai bisnis anda ? bingung untuk masalah marketing atau pemasarannya? ingin membuat website untuk bisnis anda?
    Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk anda dengan harga yang bisa menyesuaikan budget
    - gratis domain dan Hosting untuk Anda selama 1 tahun
    - design website bisa menyesuaikan keinginan Anda
    - proses pengerjaan cepat.
    - gratis konsultasi masalah marketing atau pemasaran
    - gratis 3 bulan revisi design
    - layanan support sampai 24jam
    Segera kunjungi kami www.software-developer.web.id | www.software-developer.web.id
    Email: info@software-developer.web.id

    BalasHapus