Jumat, 17 Mei 2013

Penjualan Online Toko Bagus


Gambaran Umum Tokobagus

Perdagangan yang lebih maju saat ini memanfaatkan internet sebagai media dimana penjual dan pembeli saling bertemu dan berinteraksi. Internet dengan berbagai situs serta sistem didalamnya merupakan instrument yang disiapkan untuk suatu bentuk perdagangan yang menjangkau konsumen di level nasional dan internasional secara lebih efektif, misalnya seseorang dapat memilih dan membeli barang dan jasa melalui internet. Pembayaran menggunakan account yang dimiliki dan melakukan transaksi secara online dengan kartu kredit atau debit.
Dalam perdagangan di dunia maya seorang pembeli dan penjual tidak saling kenal dan mengetahui, namun proses perdagangan dapat berlangsung dengan begitu cepat dan praktis, hal ini yang kemudian juga menjadi fokus yang dipelajari oleh peneliti, yaitu bagaimana masyarakat cyber dapat berinteraksi dan melakukan transaksi jual-beli khususnya pada situs tokobagus
Tokobagus adalah sebuah situs iklan baris yang memungkinan orang melakukan kegiatan jual beli secara online. Berkembangnya teknologi informasi berupa internet membuat kegiatan jual-beli tidak harus dilakukan dengan cara bertatap muka, semuanya bisa dilakukan dengan online. Hal ini sejalan dengan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia yang sudah masuk hingga pelosok daerah dan mengakibatkan berkembangnya pula jual-beli online atau e-commerce.
Situs Tokobagus layaknya seperti pasar pada umumnya, dimana terdapat lapak-lapak penjual yang menjajakan barang dagangannya dan lapak-lapak pembeli yang mencari barang atau jasa yang dibutuhkannya. Yang membedakan tokobagus dengan model pasar pada umumnya adalah bentuk dari tempat atau ruang yang digunakan untuk melakukan proses jual-beli, ruang di Tokobagus bersifat maya atau semu (tidak nyata), pertemuan antara penjual dan pembeli di mediasi oleh keberadaan perangkat komunikasi dan informasi modern, perangkat ini berupa handphone, tablet, personal computer (PC), dan modem yang terhubungkan dengan jaringan nirkabel.

Elemen perdagangan pada situs Tokobagus di atas akan dijelaskan sebagai berikut;
  1. Pembelian
    Pembelian barang dan jasa diawali dengan proses pencarian melalui search engine pada personal computer mengenai situs tokobagus oleh pengguna jasa internet. Memasuki situs tokobagus, pengguna yang ingin mencari barang dan jasa dihadapkan dengan tampilan tokobagus yang menyediakan toolbar untuk memudahkan proses pencarian barang dan jasa. Pengguna memilih kategori iklan dari barang dan jasa yang akan dicari.
  2. Penjualan
    Penjualan barang dan jasa hanya bisa dilakukan oleh member komunitas online situs Tokobagus. Penjual yang menggelar lapak iklan wajib untuk menjadi anggota atau member dari situs Tokobagus, syarat ini dilakukan untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh pihak penjual. Syarat utama untuk mendaftar menjadi member situs Tokobagus adalah harus memiliki akun email. Setelah pendaftaran berhasil, member dapat memasang iklan di situs Tokobagus dengan cara meng-klik pasang iklan gratis. Setelah pemasangan iklan disimpan, proses selanjutnya adalah moderasi. Iklan yang telah dibuat tidak akan langsung tampil pada situs Tokobagus, namun akan melalui proses pengecekan dan penyaringan (moderasi) terlebih dahulu. Tim support Tokobagus memilih iklan yang sesuai dengan peraturan umum di tokobagus untuk dapat ditampilkan secepatnya.
  3. Negosiasi
    Melakukan jual-beli, tentunya berhadapan dengan proses yang biasa disebut dengan negosiasi, hal ini berlaku pula pada situs online Tokobagus. Negosiasi dilakukan antara penjual dan pembeli untuk memperoleh kesepakatan dalam melakukan transaksi perdagangan.
  4. Transaksi Jual-Beli
    Setelah melakukan negosiasi antara penjual dan pembeli. Kesepakatan ini akhirnya merujuk dalam bentuk pertukaran. Jenis pertukaran yang terjadi antara pengguna situs Tokobagus berupa pertukaran uang dengan barang, pertukaran uang dengan jasa, pertukaran barang dengan barang, pertukaran barang dengan jasa, dan pertukaran jasa dengan jasa. Transaksi merupakan puncak dari kegiatan jual-beli pada situs Tokobagus. Penjual dan pembeli sama-sama telah memperoleh apa yang diinginkan. Terdapat beberapa cara untuk melakukan transaksi dalam jual-beli pada situs Tokobagus, cara tersebut berdasarkan cara pembayaran adalah : Cash keras, Transfer ke rekening bank, Menggunakan kartu kredit, Barter.
  5. Pengiriman
    Perdagangan full online membutuhkan jasa pengiriman sebagai penghubung atau pengirim barang antara penjual dan pembeli. Jasa pengiriman yang dipercaya oleh informan selaku pengguna situs Tokobagus antara lain Jasa kurir, Tiki, dan JNE, Elteha, Pos Indonesia. Biaya untuk pengiriman barang atau jasa bisa ditanggung oleh penjual maupun pembeli dan bisa pula ditanggung bersama. Demi keamanan pengiriman, untuk barang elektronik biasanya menggunakan jasa asuransi untuk menjamin keamanan barang sampai ke tujuan pengiriman.

Model Penjualan tokobagus

  • Setengah Online
    Perdagangan ini masih menggunakan situs Tokobagus hanya sebagai sarana untuk mengiklankan atau memajang barang atau jasa yang diperdagangkan. Fungsi situs Tokobagus hanya sebagai etalase, proses selanjutnya untuk melakukan transaksi masih menggunakan cara bertemu atau biasa disebut informan dengan COD (Cash On Delivery). COD merupakan istilah populer yang digunakan di situs Tokobagus untuk menyebut transaksi pembelian dengan bertatap muka. Artinya pembeli dan penjual memang saling bertemu untuk transaksi, istilahnya ada uang ada barang. Cara ini cukup populer di kalangan pengguna situs Tokobagus, dengan bertemu muka dapat meminimalisir penipuan, dan barang bisa langsung didapatkan pembeli setelah uang diserahkan.
  • Full Online
    Model perdagangan full online dilakukan tanpa melakukan pertemuan yang nyata antara penjual dan pembeli. Kedua pihak yang melakukan proses perdagangan dengan difasilitasi oleh teknologi informasi. Beberapa permasalahan mengenai pembicaraan, negosiasi, perundingan bersama untuk menentukan barang dan jasa yang dibutuhkan, harga yang pantas, metode dan teknik pengiriman dan penerimaan, kontak melalui surat menyurat semuanya dilakukan melalui media elektronik dan email. Cukup melakukan transaksi dengan transfer uang kepada penjual, dan barang dikirim oleh penjual ke pembeli.

Tahap Melakukan Penjualan Online

  1. Apabila anda sudah terdaftar dalam situs Tokobagus, anda hanya memerlukan Login untuk memasang iklan dalam TokoBagus
  2. Setelah Login akan muncul tampilan Home dari tokobagus. Klik Pasang Iklan Gratis pada pojok kanan atas
  3. Setelah Itu akan muncul jendela berikutnya. Isikan data-data barang yang akan dijual beserta foto, setelah itu klik simpan pada bagian paling bawah.
  4. Tunggu beberapa jam dan iklan anda akan segera tampil di TokoBagus

Keamanan Untuk Pembayaran Online

Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, turut menegaskan pentingnya meningkatkan kesadaran konsumen akan keamanan dalam transaksi online. “Dengan menyediakan jaminan keamanan yang terbaik akan tercipta rasa aman bagi konsumen, serta memberikan kepercayaan dalam proses jual beli online,” jelasnya. Pada dasarnya, ada tiga lapisan pengamanan dalam mekanisme pembayaran online yang ditawarkan Visa, yaitu:
  1. Verified by Visa (VbV)
    VbV merupakan metode autentikasi pemegang kartu dengan menggunakan password ketika melakukan transaksi online. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan password pribadi ketika Anda melakukan pembayaran dengan kartu Visa secara online. Sistem ini sama seperti ketika Anda diminta memberikan PIN atau tanda tangan ketika berbelanja.
    "Saat akan melakukan transaksi, Anda akan diberi One-Time-Passcode atau OTP. OTP ini untuk membuktikan bahwa yang melakukan transaksi memang si pemilik kartu," tambah Steve. OTP dikirimkan oleh bank penerbit kartu Visa melalui SMS atau token OTP, dan password tersebut harus Anda masukkan saat melakukan transaksi. Dengan cara ini, Anda tak perlu repot mengingat password tertentu.
    Selanjutnya, sistem Visa akan memverifikasi identitas Anda kepada merchant, dan meyakinkan Anda sebagai pemegang kartu bahwa data Anda diproses secara aman. Setiap pemegang kartu diminta untuk mendaftarkan layanan VbV ke bank penerbit kartu Visa mereka.
  2. Tiga digit kode pengaman
    Disebut dengan kode CVV2, tiga digit kode ini tertera di belakang kartu Visa, tepat bersebelahan dengan tanda tangan Anda. Kode ini menunjukkan pada merchants bahwa kartu Anda benar-benar bersama Anda ketika sedang melakukan transaksi online atau melalui telepon.
    Ketika Anda memberikan kode CVV2 kepada merchant, informasi tersebut disampaikan secara otomatis kepada bank penerbit kartu untuk proses verifikasi dan autorisasi. Jika sesorang menggunakan kartu Visa Anda tapi tidak dapat memberikan tiga digit kode pengaman, atau jika kode pengaman yang diberikan salah, merchant akan langsung membatalkan transaksi. Namun untuk keperluan keamanan, merchant dilarang keras menyimpan kode pengaman tersebut.
  3. Real Time Fraud Monitoring
    Sistem pengamanan tidak berhenti begitu saja setelah transaksi berhasil dilakukan. Ada mekanisme yang telah disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya fraud, baik yang dilaporkan oleh pemegang kartu kredit maupun yang tertangkap oleh sistem monitoring Visa. Jaringan data Visa telah menyimpan ribuan contoh transaksi pembelian yang sah dari para pemilik kartu kredit, sehingga kejadian-kejadian yang di luar kebiasaan akan diketahui. Selanjutnya, bank penerbit kartu kredit akan menahan sementara biaya-biaya yang mencurigakan. Kemudian bersama Visa, bank akan melakukan konfirmasi sesegera mungkin pada pemilik kartu kredit untuk memverifikasi biaya-biaya tersebut.

Contoh Kasus Penjualan Di TokoBagus

Saya akan menjual Datalite Tripod Screen Projector 70". Langkah Pertama yang saya lakukan adalah login member tokobagus. Selanjutnya saya klik Pasang Iklan Gratis yang ada pada kanan atas. Lalu saya isikan data-data yang berkaitan dengan DataLite Tripod Screen Projector 70" tersebut. Setelah menunggu beberapa jam, maka iklan akan tampil di tokobagus. Seperti inilah tampilan barang dagangan yang saya iklankan di tokobagus

Sumber:
http://journal.unair.ac.id/filerPDF/Wahyu%20Aji%20Cahya%20Romadhon.pdf
http://female.kompas.com/read/2012/10/11/17570237

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  2. Hai, apakah Anda mencari pemberi pinjaman yang legal dan andal? Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan yang mendesak? Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga 2% dengan ketentuan yang jelas dan mudah dipahami. Kami akan mengirimkan jumlah berapapun ke lokasi mana pun, jika Anda tertarik dengan pinjaman dari perusahaan kami, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

    (E-MAIL) globalfinanceloancompany1@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus